Minggu, 15 Juni 2014

Pendidikan yang Berkualitas

Pendidikan yang berkualitas merupakan hasil dari proses pendidikan yang di dalamnya terjadi interaksi secara optimal, efektif, dan efisien antara komponen – komponen pendidikan. Hal inilah yang menjadi tujuan standarisasi pendidikan atau standard pendidikan nasional. Pendidikan memiliki peranan penting dalam pembangunan sebagai penerus bangsa maka pendidikan harus berkualitas. Idealnya pendidikan yang berkualitas  mampu untuk mendorong semangat invention (penemuan hal-hal baru) dan semangat innovasi (melakukan perubahan yang positif). Jika komponen pendidikan berkualitas maka pendidikan pun akan berkualitas.

Pendidikan yang berkualitas terjadi hubungan antar komponen scara efektif. Kurikulum yang sesuai dengan keadaan jaman dan mampu meningkatkan mutu peserta didik atau lulusan. Kurikulum saat ini yaitu KTSP yang menjadi perdebatan banyak pihak. Kurikulum yang baik mampu menyesuaikan dengan perubahan seperti dalam era globalisasi saat ini. Selain kurikulum faktor pendidik harus berkualitas, tenaga kependidikan yang bersesuaian atau berdasarkan dengan kompetensi yang dimiliki sehingga dalam proses belajar tidak terjadi kesalahan dan penyelewengan. Bagi seorang guru harus memiliki beberapa kompetensi:

1.      Kompetensi pedagogik
2.      Kompetensi sosial
3.      Kompetensi pribadi
4.      Kompetensi professional


Faktor yang lain yaitu sarana dan prasarana serta lingkungan sekolah atau kampus harus mendukung proses pembelajaran. Sarana prasarana pendidikan yang memadai menjadikan pendidikan akan lebih berkualitas, lingkungan belajar mempunyai peranan penting dalam peningkatan mutu pendidikan. Semua komponen pendidikan berpadu meningkatkan kulitas pendidikan. Di samping itu, pengawasan diperlukan agar prosesnya lebih terarah pada sasaran atau tujuan pendidikan nasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar