Setiap pusat pendidikan dapat berpeluang memberikan kontribusi yang besar dalam ketiga kegiatan pendidikan, yakni:
a. Pembimbingan dalam upaya pemantapan pribadi yang berbudaya
b. Pengajaran dalam upaya penguasaan pengetahuan
c. Pelatihan dalam upaya pemahiran keterampilan.
Secara umum fungsi lingkungan pendidikan adalah membantu peserta
didik dalam interaksi dengan berbagai lingkungan sekitarnya, utamanya
berbagai sumber daya pendidikan yang tersedia, agar dapat mencapai
tujuan pendidikan yang optimal. Terdapat hubungan timbal balik dan
saling mempengaruhi antara lingkungan yang satu dengan lingkungan yang
lain.
Lingkungan keluarga sebagai dasar pembentukan sikap dan sifat
manusia. Lingkungan sekolah sebagai bekal keterampilan dan ilmu
pengetahuan, sedangkan lingkungan masyarakat merupakan tempat praktek
dari bekal yang diperoleh di keluarga dan sekolah sekaligus sebagai
tempat pengembangan kemampuan diri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar